Pengertian iklan Online
Iklan online atau Online Advertising adalah: Info atau pesan yang
disampaikan kepada khalayak umum dengan tujuan untuk mengenalkan,
Mengajak, Membujuk agar khalayak umum atau Masyarakat ikut pada suatu
ajakan tertentu yang terpasang dan bisa terlihat pada jaringan internet.
Info atau pesan bisa berupa produk, Perusahaan atau gagasan.
Secara garis besar, Pengertian iklan online atau online advertising
dengan iklan konvensional yang kita kenal selama ini hampir sama. Yang
jadi pertanyaan, Apa beda Iklan online dengan iklan non online (iklan
secara umum) Yang selama ini kita kenal?, Yang jelas karena adanya
jaringan internet untuk iklan online. Untuk menyegarkan pemahaman kita
terhadap definisi iklan, Saudara bisa baca artikel definisi iklan dan
cara beriklan yang baik dan benar dibawah ini;
Jenis – Jenis Iklan Online
1. Direct Advertising

Dimana pemasang iklan dan pemilik media berhubungan langsung dan menandatangani kontrak untuk menampilkan iklan atau inisiatif promosi lainnya.
Kelebihan : Cepatnya proses promosi karena banyak perusahaan menggunakan bentuk iklan ini sebagai sarana untuk menghilangkan kebutuhan menjual produk melalui pihak ketiga.
Kekurangannya : Kurang luasnya pemasaran karena tanpa ada lagi pihak ketiga yang membantu pemasaran. Memerlukan banyak waktu dalam pertemuan antara pemasang iklan dan pemilik media.
2. Self-service Advertising

Pendekatan iklan baru dimana materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan melalui metode proses yang dilakukan sendiri di online. Contoh : Blogads dan Google AdWords.
Kelebihan : Pemasang iklan dapat menjelaskan produk melalui blogs yang dimiliki, dengan disertai gambar produk atau jasa yang dipromosikan.
Kekurangannya : Tidak bisa menentukan atau memprediksi pasar, karena dilakukan secara mandiri oleh perusahaan di dalam sebuah blog dan sebagainya.
3. Ad Networks

Sebuah jaringan (network) iklan yang menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan dengan pemilik situs web. Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin. Contoh : ValueClickMedia dan Tribal Fusion.
Kelebihan : Biaya pemasangan iklan cukup murah tidak terlalu mahal.
Kekurangannya : Jumlah calon konsumen tidak terlalu banyak jika iklan yang dipasang di web tidak terlalu banyak dikunjungi pengguna internet.
4. Contextual Advertising

Iklan yang ditargetkan pada content. Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut. Contoh : Google AdSense dan Yahoo Publisher Network.
Kelebihan : Posisi iklan dipilih oleh sistem tepat sesuai produk yang dipromosikan, maka akan kemungkinan untuk dilihat banyak pengguna internet atau calon konsumen.
Kekurangannya : Iklan yang ditargetkan pada content. Iklan tidak ditampilkan secara random. Posisi iklan dipilih oleh sistem, maka pasar konsumen tidak dapat ditentukan oleh pemasang iklan.
5. Twitter Advertising

Iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan berbasis keyword yang pendek, yang didistribusikan kepada user yang membaca content yang sesuai dengan keyword yang dipilih. Contoh : Magpie dan Twittad.
Kelebihan : Twitter merupakan salah satu situs jejaring sosial terbesar di dunia, iklan yang dipasang di twitter akan banyak dikunjungi oleh calon konsumen.
Kekurangannya : Pengguna twitter mengabaikan iklan karena lebih fokus pada konten dari twitter itu sendiri. Dan memerlukan waktu dalam memilih konten yang dicari.
6. In-Text Advertising

Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan. Contoh : Kontera dan Vibrant in-Text Ad.
Kelebihan : Dapat mempermudah sebab menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan konten iklan yang berhubungan dan mempermudah dalam mencari iklan yang dicari atau diinginkan.
Kekurangannya : Banyak iklan yang muncul yang mungkin saja kurang relevan dengan yang dimaksud. Calon konsumen tidak bisa diprediksi oleh pemasang iklan.
7. Ad Network Optimization

Jasa optimasi iklan ini mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar terbanyak untuk ditampilkan dalam halaman web dengan mengevaluasi semua pilihan serta ukuran iklan yang paling baik, dan karakteristik visualnya. Contoh : PubMatic dan YieldBuild.
Kelebihan : Iklan memiliki ukuran paling baik karakteristik visualnya maka akan ditampilkan dalam halaman web.
Kekurangannya : Iklan yang tidak memiliki ukuran iklan baik maka iklan tidak akan muncul dalam halaman web. Tidak semua produk yang diiklankan dapat menggunakan bentuk ini, terutama perusahaan kecil.
8. Rep Ad Agencies

Agen periklanan yang mewakili blog-blog serta situs web tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan brand-brend besar ataupun agensi iklan besar. Contoh : Federated Media dan Tribal Fusion.
Kelebihan : Memudahkan untuk mempromosikan, dan adanya prediksi terlebih dahulu karena pihak agensi membantu strategi pemasaran melalui bentuk iklan ini.
Kekurangannya : Biaya pengeluaran iklan akan lebih besar, karena melalui beberapa pihak penyedia ruang iklan dan perantara.
9. Social Advertising

Iklan untuk sosial media. Tidak seperti iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung dari teman ke teman. Contoh : VideoEgg dan Meebo.
Kelebihan : Promosi melalui Social Advertising digunakan di media sosial yang banyak digunakan pengguna internet, sehingga memudahkan dalam promosi dan biaya yang lebih murah.
Kekurangannya : Harus memiliki iklan yang dipasang pada website atau blogs lain agar memudahkan proses promosi. Feedback yang diberikan memerlukan waktu cukup lama.
10. Video Advertising

Bentuk iklan yang ditargetkan pada content video. Berbagai format tersedia, termasuk iklan dinamis yang bisa tampil sebelum, setelah, ataupun selama tayangnya content video tertentu. Contoh : Voxant dan AdSense for Video.
Kelebihan : Berbagai format tersedia, termasuk iklan dinamis sehingga membuat lebih menarik yang bisa tampil sebelum, setelah, ataupun selama tayangnya konten video tertentu.
Kekurangannya : Pengguna yang melihat iklan tersebut tidak memiliki koneksi baik iklan tidak dapat dilihat secara maksimal. Pengguna cenderung mengabaikan isi iklan karena fokus pada konten video yang dituju.
11. RSS Advertising

Iklan ini ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan konteks content RSS feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu. Contoh : Pheedo dan Feedvertising.
Kelebihan : Dapat menyesuaikan penempatan iklan melalui klasifikasi kebutuhan yang sudah ditentukan.
Kekurangannya : Tidak dapat dilihat oleh semua pengguna karena telah diklasifikasikan.
12. Sponsorship

Adalah bentuk bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk atau layanan sebagai ganti promosi terhadap suatu brand. Sponsorship online adalah strategi alternatif yang banyak digunakan dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk banner.
Kelebihan : Lebih efektif karena tidak memerlukan promosi lagi, dapat sebagai ganti promosi. Dan lebih efektif digunakan mensponsori acara-acara yang berkaitan dengan produk atau jasa perusahaan.
Kekurangannya : Memerlukan biaya yang cukup besar. Penjelasan mengenai produk atau jasa tidak ada, karena biasanya hanya berbentuk logo perusahaan.
Sumber : http://www.virtual.co.id/blog/online-advertising/bentuk-bentuk-iklan-online/

Dimana pemasang iklan dan pemilik media berhubungan langsung dan menandatangani kontrak untuk menampilkan iklan atau inisiatif promosi lainnya.
Kelebihan : Cepatnya proses promosi karena banyak perusahaan menggunakan bentuk iklan ini sebagai sarana untuk menghilangkan kebutuhan menjual produk melalui pihak ketiga.
Kekurangannya : Kurang luasnya pemasaran karena tanpa ada lagi pihak ketiga yang membantu pemasaran. Memerlukan banyak waktu dalam pertemuan antara pemasang iklan dan pemilik media.
2. Self-service Advertising

Pendekatan iklan baru dimana materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan melalui metode proses yang dilakukan sendiri di online. Contoh : Blogads dan Google AdWords.
Kelebihan : Pemasang iklan dapat menjelaskan produk melalui blogs yang dimiliki, dengan disertai gambar produk atau jasa yang dipromosikan.
Kekurangannya : Tidak bisa menentukan atau memprediksi pasar, karena dilakukan secara mandiri oleh perusahaan di dalam sebuah blog dan sebagainya.
3. Ad Networks

Sebuah jaringan (network) iklan yang menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan dengan pemilik situs web. Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin. Contoh : ValueClickMedia dan Tribal Fusion.
Kelebihan : Biaya pemasangan iklan cukup murah tidak terlalu mahal.
Kekurangannya : Jumlah calon konsumen tidak terlalu banyak jika iklan yang dipasang di web tidak terlalu banyak dikunjungi pengguna internet.
4. Contextual Advertising

Iklan yang ditargetkan pada content. Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut. Contoh : Google AdSense dan Yahoo Publisher Network.
Kelebihan : Posisi iklan dipilih oleh sistem tepat sesuai produk yang dipromosikan, maka akan kemungkinan untuk dilihat banyak pengguna internet atau calon konsumen.
Kekurangannya : Iklan yang ditargetkan pada content. Iklan tidak ditampilkan secara random. Posisi iklan dipilih oleh sistem, maka pasar konsumen tidak dapat ditentukan oleh pemasang iklan.
5. Twitter Advertising

Iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan berbasis keyword yang pendek, yang didistribusikan kepada user yang membaca content yang sesuai dengan keyword yang dipilih. Contoh : Magpie dan Twittad.
Kelebihan : Twitter merupakan salah satu situs jejaring sosial terbesar di dunia, iklan yang dipasang di twitter akan banyak dikunjungi oleh calon konsumen.
Kekurangannya : Pengguna twitter mengabaikan iklan karena lebih fokus pada konten dari twitter itu sendiri. Dan memerlukan waktu dalam memilih konten yang dicari.
6. In-Text Advertising

Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan. Contoh : Kontera dan Vibrant in-Text Ad.
Kelebihan : Dapat mempermudah sebab menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan konten iklan yang berhubungan dan mempermudah dalam mencari iklan yang dicari atau diinginkan.
Kekurangannya : Banyak iklan yang muncul yang mungkin saja kurang relevan dengan yang dimaksud. Calon konsumen tidak bisa diprediksi oleh pemasang iklan.
7. Ad Network Optimization

Jasa optimasi iklan ini mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar terbanyak untuk ditampilkan dalam halaman web dengan mengevaluasi semua pilihan serta ukuran iklan yang paling baik, dan karakteristik visualnya. Contoh : PubMatic dan YieldBuild.
Kelebihan : Iklan memiliki ukuran paling baik karakteristik visualnya maka akan ditampilkan dalam halaman web.
Kekurangannya : Iklan yang tidak memiliki ukuran iklan baik maka iklan tidak akan muncul dalam halaman web. Tidak semua produk yang diiklankan dapat menggunakan bentuk ini, terutama perusahaan kecil.
8. Rep Ad Agencies

Agen periklanan yang mewakili blog-blog serta situs web tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan brand-brend besar ataupun agensi iklan besar. Contoh : Federated Media dan Tribal Fusion.
Kelebihan : Memudahkan untuk mempromosikan, dan adanya prediksi terlebih dahulu karena pihak agensi membantu strategi pemasaran melalui bentuk iklan ini.
Kekurangannya : Biaya pengeluaran iklan akan lebih besar, karena melalui beberapa pihak penyedia ruang iklan dan perantara.
9. Social Advertising

Iklan untuk sosial media. Tidak seperti iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung dari teman ke teman. Contoh : VideoEgg dan Meebo.
Kelebihan : Promosi melalui Social Advertising digunakan di media sosial yang banyak digunakan pengguna internet, sehingga memudahkan dalam promosi dan biaya yang lebih murah.
Kekurangannya : Harus memiliki iklan yang dipasang pada website atau blogs lain agar memudahkan proses promosi. Feedback yang diberikan memerlukan waktu cukup lama.
10. Video Advertising

Bentuk iklan yang ditargetkan pada content video. Berbagai format tersedia, termasuk iklan dinamis yang bisa tampil sebelum, setelah, ataupun selama tayangnya content video tertentu. Contoh : Voxant dan AdSense for Video.
Kelebihan : Berbagai format tersedia, termasuk iklan dinamis sehingga membuat lebih menarik yang bisa tampil sebelum, setelah, ataupun selama tayangnya konten video tertentu.
Kekurangannya : Pengguna yang melihat iklan tersebut tidak memiliki koneksi baik iklan tidak dapat dilihat secara maksimal. Pengguna cenderung mengabaikan isi iklan karena fokus pada konten video yang dituju.
11. RSS Advertising

Iklan ini ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan konteks content RSS feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu. Contoh : Pheedo dan Feedvertising.
Kelebihan : Dapat menyesuaikan penempatan iklan melalui klasifikasi kebutuhan yang sudah ditentukan.
Kekurangannya : Tidak dapat dilihat oleh semua pengguna karena telah diklasifikasikan.
12. Sponsorship

Adalah bentuk bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk atau layanan sebagai ganti promosi terhadap suatu brand. Sponsorship online adalah strategi alternatif yang banyak digunakan dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk banner.
Kelebihan : Lebih efektif karena tidak memerlukan promosi lagi, dapat sebagai ganti promosi. Dan lebih efektif digunakan mensponsori acara-acara yang berkaitan dengan produk atau jasa perusahaan.
Kekurangannya : Memerlukan biaya yang cukup besar. Penjelasan mengenai produk atau jasa tidak ada, karena biasanya hanya berbentuk logo perusahaan.
Sumber : http://www.virtual.co.id/blog/online-advertising/bentuk-bentuk-iklan-online/
iklan
online adalah cara mempromosikan sebuah produk di Internet dengan
menggunakan berbagai fitur Internet. Dengan kedatangan internet, dunia
bisnis telah menjadi digital dan orang lebih suka membeli barang-barang
secara online, yang lebih mudah dan lebih cepat. Iklan online atau
dikenal sebagai e-iklan memberikan dimensi baru dan daya tarik yang unik
untuk produk, yang merupakan keuntungan tambahan.
Manfaat utama dari Pasang Iklan
online lebih dari bisnis offline adalah keuntungan moneter, yang tidak
dapat diperoleh secara lokal. Hal ini menyebabkan kemajuan besar dalam
bisnis, yang merupakan tujuan akhir dari setiap pengusaha. iklan Online
menawarkan spektrum yang luas dari pengakuan, yang tak tertandingi untuk
setiap modus lain dari iklan.
iklan
Online tidak memiliki keterbatasan waktu. iklan Online mengurangi biaya
transaksi dan memberikan kontribusi terhadap laba perusahaan dan aman
dalam persaingan terhadap pemasaran internasional. Pemilik jauh lebih
puas karena bisnis aman lebih bermanfaat dan dapat diandalkan.
Tentu
saja iklan online merupakan salah satu langkah maju atas orang lain dan
membantu untuk mengikuti dengan cepat mengubah dunia. 'Iklan
Bayar-per-klik' merupakan salah satu bentuk dari iklan dan merupakan
cara yang efektif untuk promosi bisnis Anda.
Bentuk
lain dari iklan online, yang mendapatkan popularitas, adalah e-mail dan
itu telah menikmati pertumbuhan yang luar biasa dalam beberapa tahun
terakhir. Karena ada perubahan tren pergeseran dari cetak ke online,
iklan online akan terus tumbuh selama kemajuan teknologi.
Usaha
kecil menemukan iklan yang menawarkan penayangan maksimum online dengan
biaya minimal. Usaha kecil target klien ideal mereka dan menemukan
bahwa iklan online adalah cara yang terjangkau iklan. iklan Online
memberikan respon langsung, sehingga menguntungkan baik bagi konsumen
dan penjual. Banner iklan menggambarkan dalam bentuk gambar dan sering
dilihat di situs lalu lintas tinggi dan juga memberikan hyperlink
kembali ke situs pengiklan. Harga bervariasi sesuai dengan jumlah iklan
yang ditampilkan. Sponsor iklan lebih besar kemudian banner iklan dan
mengandung cukup banyak teks dan ditempatkan pada ezines atau newsletter
online. Harga bervariasi sesuai dengan jumlah pembaca newsletter.
Layanan
dari badan iklan online telah membuat mereka untuk menjalankan kampanye
dengan cara yang efektif dan lebih layak. Hal ini juga membantu para
pemasar untuk mengawasi kinerja kampanye iklan, yang tidak mungkin dalam
jenis media lainnya. Hal ini memungkinkan mereka untuk memodifikasi
kampanye dengan menganalisis data sehingga menargetkan pelanggan. Agen
iklan online menjamin jangkauan yang luas para penonton melalui server
iklan pusat karena menggunakan jaringan iklan online. Kesimpulannya,
iklan online adalah yang termurah dan efektif cara iklan yang sukses
telah membuktikan potensinya.
Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia
Tugas Pemasaran Online
(Feronika Astriani 09)
warnanya tidak cocok sehingga tulisan pada blog kurang jelas dan kurang menarik
BalasHapusCara memasarkan pruduk nya sangat mudah,apalagi ti tambah dengan menampilkan gambar,maka lebih mudah konsumen untuk mengenal jenis jenis promosi tersebut.
BalasHapusCara memasarkan pruduk nya sangat mudah,apalagi ti tambah dengan menampilkan gambar,maka lebih mudah konsumen untuk mengenal jenis jenis promosi tersebut.
BalasHapus